Keseruan Asrama di Telkom University

  • Dormitory Life

Halo Semuanya, balik lagi nih sama aku putEri. Kalian gimana kabarnyaaaaaa? Sehat-sehat kan? Harus sehat-sehat yaa, jangan sakit-sakit okray!

Kali ini aku mau berbagi segudang momen yang aku alami selama aku di asrama 1 tahun belakang. Tujuan dari tulisan aku kali ini, sebagai bentuk reminder aja, jadi nanti ketika dibaca ulang bisa jadi kilas balik. Dan semoga kalian enjoy ya bacanya nya, mana tau segudang momen selama aku diasrama pernah kalian rasain juga atau buat mahasiswa baru Tel-U bakal ngerasain momen ini hehehe.

Happy Reading gaes!

Kamis, 04 Juni 2020 jadwalnya aku buat check out asrama. Yaps, asrama yang kurang lebih hampir 1 tahun aku tempati bersama 4 orang di dalamnya. Asrama yang menurut aku pribadi, bener-bener menyimpan segudang cerita yang penuh makna. Ada beragam kisah di tempat ini, penuh canda, tawa dan juga tangis hehehe. Tempat pertama yang aku tinggali, dengan jarak sekitar 954,4 KM dari rumah. Dengan waktu tempuh kurang lebih 16 jam, 34 menit.

Ya Kala itu 29 Juli 2019, dimana aku pertama kali menempati tempat ini, gedung dengan warna dominan merah dan putih, saat itulah aku merasa bahwa perjalanan dimulai hari itu. Dunia perantauan dimulai pada saat itu, kehidupan menjadi anak rantau yang seperti orang-orang katakan.

Hai gedung asrama 11 yang dipagerin, gedung asrama yang kalo jalan ke GKU (Gedung Kuliah Umum) dari ujung kulon ke ujung kulon, yang kalo mau makan ke kantin cewek magernya minta ampun. Jauhhhhhhh banget buat aku waktu itu. Terus juga yang kalo tiap pagi ke kampus, jalannya bareng anak cowok baju putih-putih wkwkwk. Buat temen-temen yang dapet gedung 11 dan 12, aku ucapkan selamat wkwkwk, karena kalian dikelilingi para anak cowok hahaha. Kanan, kiri,depan belakang kamu itu anak cowok, kalo kamu jalan dari asrama ke kampus terus liat ke samping , bakal ada geng baju putih rapih ataupun anak-anak yang baju merahnya Telkom (teknik banget).

Jadi, aku tinggal di gedung 11 dengan nomor kamar 102 gaes yang mana keempat temanku berasal dari daerah yang berbeda-beda, ada yang dari Bandung, Padang dan juga Semarang. Kita pun gak ada yang satu jurusan wkwkwk, bukan hanya beda jurusan tapi beda fakultas hehehe. Seperti yang aku bilang di tulisan sebelumnya soal temen kamar yang udah diatur sama sistemnya Tel-U. Dan inilah dia, aku sekamar sama anak Teknik Telekomunikasi, Desain Interior dan juga Perhotelan.

Sangat beragam bukan wkwkwk, disitulah keseruannya (awalnya emang rada canggung, tapi percayalah kalo kalian enjoy, kalian bakal ngerasain asyiknya).

Menurutku kehidupan di asrama memang sangat sangat sangat beragam. Di tempat ini aku ketemu beragam orang dari asal daerah yang berbeda, jurusan berbeda, bahasa dan kultur yang berbeda, dan jelas karakter yang berbeda. Untuk aku pribadi, kuliah di Telkom dan asrama itu ngebuka wawasan kita banget, karena lingkungan sekeliling kita berasal dari satu Indonesia, Aceh sampe Papua inI mah.

Selama 1 tahun belakang, aku mengalami beragam hal dengan beranekaragam orang, mulai dari :

Kesalahan aku letakin ucapan salam kenal ke temen kamarku wkwkwk. Jadi di hari pertama check in itu, aku tulis pesan singkat di tisu buat Cyla dan Savi (temen kamarku yang udah check in duluan) dan dikarenakan aku gak tau mana meja belajarnya Savi dan Cyla, jadi aku letakin aja (ternyata kebalik 😦 jujur waktu itu aku bingung banget hehehe)

Momen kedua adalah saat Hari Raya Idul Adha, jadi tuh karena aku, Alya, Saffa dan Sinta yang gak bisa balik ke rumah saat Idul Adha tahun itu, kita lampiaskan dengan jalan ke TSM hampir seharian, buat belanja perlengkapan asrama. Kocar-kacir keliling kesana kemari buat beli pisaulah, tempat makanlah, raklah dan kawan-kawannya. Disini nih poin pertamanya, semua nama yang aku sebutin diatas adalah temen asrama yang awalnya gak aku kenal sama sekali, dan tanpa diduga kita jadi akrab sampe jalan bareng. Salah satu benefit dari asrama banget nih gaes.

Terus, yang cukup lumayan sering terjadi, kalo udah jalan mau ke GKU terus udah setengah perjalanan dan ada yang kelupaan, aku selalu minta tolong Cyla buat ambilin barangnya lewat jendela, untungnya sih lantai satu. Percaya deh gaes kalian bakal melakukan hal ini, apalagi buat yang kamarnya dilantai 2, 3, 4, mager banget buat naik lagi keatas ( jadi, dilempar dari atas barangnya lewat jendela, walaupun suka nyangkut juga wkwkwk).

Selanjutnya, aku hampir setiap hari makan malem dikantin cowok bareng Ayu dan Dzaky. Awalnya gak berani, terus kita beraniin diri buat makan kesana (efek laper dan penasaran ini) dan ketemulah sama Dzaky, dan dan dan besoknya kita paksain buat temenin makan lagi wkwkwkwk. Oh ya, jangan lupakan roti bakar kancow yang jadi inceran tiap malem rasa “Ovomaltine” dan nasi goreng surga ala Ayu :))

Terus juga, aku yang selalu maksain Adel jalan dari gedung B buat makan di kantin cowok. Tapi tetep aja, dia minta dijemput di gerbang depan. Kita suka buat jadwal lokasi makan biar adil, ganti-gantian gitu (ya walaupun gak berjalan dengan baik juga kesepakatan ini) dan jangan lupakan soal pembatasan tempat pengantaran dan penjemputan untuk tamu wkwkwkwk.

Yang paling berkesan itu, saat kamar selalu rame karena aku buka JASA PRINT dan CETAK FOTO buat anak-anak asrama. Karena inilah aku bisa kenalan dengan banyak anak asrama, dari beragam jurusan dan juga daerah ( Kamu bakal ngerasain banget yang namanya “Bhineka Tunggal Ika” karena kamu punya temen dari pulau Sumatera, Kalimantan, Jawa dan lainnya)

Selama asrama, aku jualan seprei buat anak-anak asrama dan kamarku full isinya makanan buat jualan hehehe. Mulai dari cuanki, seblak, batagor, pop mie. Kadang aku mikir, apa Cyla dan Sania gak cape liat aku bolak balik kayak setrikaan karena bawain pop mie, cuanki dari lantai 4 terus ke lantai 1 terus ke lantai 3 hehehe.

Point selanjutnya ada disini gaes, kalian bisa memanfaatkan momen ini. Peluang buat berwirausaha, kalo dari aku lumayan banget jualan di asrama gini, bisa buat jajan kita jalan-jalan hehehe.

Kejadian random lainnya saat kamar aku diketokin jam 1 malem karena ada anak asrama yang mau beli pop mie wkwkwk, ataupun aku yang sering nganterin pop mie, cuanki, batagor instan dkk nya jam 12 – 1 malem ke lantai 2 3 4. Rada serem sih wkwkwkw, tapi menantang dan seru! ( Bukan jurnal Lisa gaes tapi jurnal putEri hihi)

Gak berhenti sampai disitu, karena aku juga jualan nasi uduk dan nasi kuning + bubur ayam tiap hari minggu buat anak-anak asrama. Olahraga mingguan aku dengan naik-turun tangga dari lantai 1 ke 4 terus ke 3 terus 1 lagi terus ke 2 dan seterusnya. Dan aku sering banget di bantuin sama Jek buat bawain belanjaannya dari pasar kaget ke asrama, MAACIH!

So, selagi kalian punya peluang buat berwirausaha alangkah lebih baiknya dimanfaatkan, menurutku ini seru banget hehehe.

Ada momen saat aku kabur sama Ayu buat makan pecel lele diluar Telkom karena kita kelaperan banget, padahal hari itu pak satpamnya tegas banget wkwkwwk. Terus juga ada kalanya kita izin sama pak Rudi buat makan di kancow, dan kita diizinin maksimal jam 10 malem, tapi kitanya pulang jam set 11. Dengan alesan ayu yang kayak gini “Kan kita udah izin put, pak Rudi mah baik percaya dah ama aku” HUFTTT

Aku sering banget ngobrol berdua bareng Cyla di kursi meja belajar tiap malem minggu. Ya kan Cyla wkwkwkwk. Aku juga pernah ngunciin Sania di kamar, beneran gak sadar banget karena Sanianya tidur di atas (diem) ‘Ya orang tidur diem atuh put, masa berisik’ Terus pas balik teteh hdnya bilang gini “Put kamu ngunciin Sania di kamar?” Wkwkwkwk Maapkan aku yaa Sania 😦

Jadi gaes, kita satu kamar tuh hanya ada 1 kunci yang mana kalo kamu mau keluar dan dikamar gak ada orang, kamu harus serahin kuncinya ke teteh help desk. Jadi ya begitulah, aku gak sadar dan ngunciin Sania.

Aku juga pernah dirusuhin sama tetangga asrama, yang mana tengah malem kamarku digedorin karenaaaaa Cyla yang gak bisa masuk, soalnya akunya ketiduran 😦 Maapkan aku yaa Cyl.

Ini nih, aku bisa betah banget beresin kamar mulai dari jam 12 malem sampe jam 5 pagi (Ditemenin sama suara kursi yang ditarik-tarik dilantai atas wkwkwk) yang mana itu mulai dari cyla tidur sampe dia bangun lagi wkwkwk. Mungkin temen-temen pernah denger soal asrama yang katanya ada hantu dll, bisa jadi wkwkwk. Soal kursi yang ditarik-tarik mah itu udah biasa kalo menurut aku (karean aku mikirnya anak lantai atas emang masih nugas aja). Jadi selama di asrama, Alhamdulillah aku gak pernah mengalami hal mistis, sejauh ini cukup aman gaes.

Ini momen setelah UTS disemester 1, yang mana saat itu aku pulang jam 1 malem bareng Ayu dan Jek, dan pinternya adalah kita jalan lewat BTP, itu dari gerbang paling depannnnnn ke asrama lumayan, ya lumayan serem 😦

Karena di asrama ada lobbynya, jadi aku sering nih ngebooking lobby asrama buat statbis-an bareng Ayu sama ka Vanessa. (Apalagi kalo malem minggu, serasa kita yang punya lobby ini teh). Konteksnya sama nih, karena magernya kelewatan, aku diskusi Matek sambil deliv sambel mangga ,nyemil, sama Ayu dan Ka Aul di kamar. Terus malemnya berubah profesi jadi mbak-mbak salon dadakan jam 12 malem buat teteh ayu, Hufttt…

Bentuk kamar aku jadi kapal pecah karena tugas osjur. (Selalu aja nugas nya dikamar putEri, gak mau banget dikamar Ayu ataupun Adel). Kamar aku tuh udah kayak tongkrongan kayaknya. Buat yang kepo sama osjur, nanti lain waktu aku bahas yahh.

Selama 2 semester kuliah, baru kali ini aku gak mandi gara gara kesiangan matkul ICT literasi. Kayaknya ini karma deh, karna besoknya aku mau pamerin Jahim ke Adel hehehehe. Gak boleh pamer emang, dilarang gaes ;(

Aku sama Ayu ampe bosen gara-gara beres dari makan di kancow terus nganterin Jek balik ke asrama dia, gak sekali soalnya, hampir tiap malem. Ya itu, karena kan asrama kita deket sama asrama anak cowok. Dan beres nganter jek, aku balap lari sama ayu sampe pintu kamar hehehe, ini seru! karena aku yang selalu menang wkwkwk.

Dikarenakan asrama tuh tutupnya jam 9-10 malem, Terus ada temen aku yang kelaparan kan, terus dia deliv KFC nih, karena pintu udah dikunci juga, maka pesenannya kita paksa buat diambil lewat jendela kamar aku. Ini kayaknya sangat dirasakan sama temen-temen yang kelaparan tengah malam. Jalur utama gak bisa, pake jalur alternatif, yaitu JENDELA!

Kurang lebih inilah beberapa momen aku selama di asrama (karena kalo ditulis sangat detail, itu tidak memungkinkan gaes), bener-bener random. Dari aku pribadi, tinggal di asrama punya cerita keseruan tersendiri.

Terakhir, aku mau Say Good Bye…

Dan Terima kasih udah ngajarian aku soal toleransi dan keberagaman!

Tinggalkan komentar

Rancang situs seperti ini dengan WordPress.com
Ayo mulai