Seputar Asrama Telkom University

Hai Semuanya!
Balik lagi nih sama putEri, kalian gimana kabarnya? Liburannya? Study from homenya? Harus tetep semangat yahh :)) Oke sesuai judulnya nya nih, aku mau kasih beberapa informasi berdasarkan pengalamanku selama asrama di Telkom University atau STT Telkom atau juga Tel-u :)) sama ajalah ya. Apalagi di bulan-bulan ini, kalian pasti lagi semangat-semangat nya buat cari informasi. Sama kok kayak aku dulu, ngulik a b c, penasaran banget wkwkwkw. Yaudah kita bahas aja ya. Asrama telkom tuh gimana sih….


Jadi, Telkom University menyediakan asrama untuk mahasiswa baru selama 1 tahun which is itu 2 semester ya. Apalagi terlebih khusus untuk yang tinggal di luar Bandung. Oh ya, aku diawal sama kok bingungnya kayak kalian, mikirnya udah macem-macem. Asrama tuh gimana sih bentukannya, sistemnya, serem gak sih wkwkwkw. Tapi sebelumnya aku mau ngucapin congrats! Buat kalian yang udah keterima di Tel-U. Apalagi buat angkatan 2020, kalian itu hebat karena bisa kuat ngadepin masa pandemi seperti ini, jelas berat banget kan ya. Terus hebatnya lagi, kalian mampu untuk menghadapi ujian yang bertaraf Internasional ini (pandemi yang menjadi musuh dunia), semangat terus yahh.
Jadi gimana nih?

Jadi, Telkom University menyediakan asrama untuk putra dan putri. Yang mana Asrama Putra itu namanya gedung angka gaes (dari gedung 1 -10). Sedangkan Asrama Putri itu gedung huruf dan angka dari gedung A-D) dan gedung 11-12.
Eh bentar kalian bingung gak nih wkwkwk, aku jelasin yah. Jadi memang gedung 11 dan 12 untuk anak putri juga, tapi dalam lingkupan asrama putra. Gimana tuh? Anak-anak yang dapet gedung 11-12 asramanya satu lingkup (area) sama anak putra. Tapi tenang aja, 2 gedungnya dipagerin lagi kok jadi anak putra gak bisa seenaknya lewat, mantap kan.

Di dalam satu gedung terdapat 5 lantai yang mana lantai 1-4 (kamar-kamar) dan lantai 5 untuk jemuran. Dan dalam 1 kamar berisi 4 orang gaes, dilengkapi dengan 4 tempat tidur ; 4 meja belajar + lemari ; 1 jemuran ; 1 toilet jongkok dalam ; 1 dispenser, 1 cermin, sama 1 pintu juga kok wkwkwkw, eh 2 pintunya yaitu ada (pintu kamar sama toilet) kurang lebih gitu ya.


Dan jelas timbul pertanyaan sebagai berikut :

Dalemnya gimana? Sempit-sempitan gak? Kecil ya kamarnya? Bersih apa engga?” Tenang saudara-saudara, dari aku pribadi itu udah lebih dari cukup. Untuk bersih apa enggaknya semua balik lagi dari pribadi kalian masing-masing, buat ngurus kamarnya gimana, okray. Ini beberapa foto dikamarku ya, supaya kalian ada gambaran.

Setelah itu, akan timbul pertanyaan seperti ini :

“Apakah 4 orang nya itu temen kita sendiri? Boleh milih? Dari daerah yang sama? Jurusannya sama kan? Boleh request kan? Iya kan kan kan dan ikannn wkwkwkwk”

NO NO NO…
Kita tidak ada kewenangan untuk itu temen-teman wkwkwk. Jadi untuk teman sekamar kita gak bisa pilih yahh, karena udah diacak dari sistem Tel-U nya sendiri. Entah temen kita itu asalnya dari pulau Jawa, Sumatra, Kalimantan ataupun Sulawesi, kita gak bisa request ( yakali pesen makan atuh bisa request) dan juga dari program studi jelas berbeda-beda, ada anak jurusan teknik, DKV, bisnis ataupun yang lainnya. Kira-kira begitulah ya, ntar kalo disebutin satu satu gak muat ini hehe.

Jadi bisa jadi dalam 1 kamar berisi 4 orang dari jurusan yang beda-beda, asal yang beragam. Atau bisa juga nih 2 diantaranya satu jurusan sama tapi asalnya beda, jadi itu udah kebijakan dari Telkomnya sendiri, okey!

Yahhhh, aku maunya sekamar sama temen aku; aku gak kenal sama yang lain ; aku anak rantau dll.

Tenang-tenang, jangan panikan yahh. Karena aku juga rasain yang sama kayak kalian. Tapi dengan diacak gini, kita ngerasain banget yang namanya keberagaman, mulai dari belajar cara beradaptasi dengan bahasa yang beda-beda, belajar cara memahami karakter temen kamar, terus juga saling bantu, dan pastinya belajar gimana caranya buat toleransi, seru tauuu!

Btw, buat kalian yang udah akses website smbtelkom bisa buka pilihan Asrama. Disana kalian bisa tau nama temen sekamar kalian siapa ; asalnya dari mana ; terus jurusannya mereka apa ; ada no telponnya juga loh, jadi kalian bisa kontak dan salam kenal dulu. Aku dulu juga gitu, aku chat 3 temenku terus say hay dan tanya-tanya ke mereka. Tujuanya apa? Biar nanti pas ketemu gak awkward banget dan lebih enak aja. Selain itu ada keuntungan lainnya , yaitu sebagai berikut :

  • Kamu jadi bisa tuker informasi sama temen sekamar kamu. Contohnya kayak aku dulu, nanya ada informasi apa aja yang udah dia dapet. Terus aku taunya ada grup camaba dari temen sekamar juga. Dan tanya soal perlengkapan berkas onsite dan pkkmb juga, dengan kita saling tanya gitu buat kita gak bakal ketinggalan informasi, begitu gaes. Jadi menurut aku penting nih buat chat temen kamar kamu.
  • Terus juga kamu selama liburan tuh bisa belajar bahasa daerah dari temen kamar kamu. Dulu aku coba belajar bahasa Sunda, Jawa dan Padang karena temen aku asalnya beda-beda, jadi bakalan seru banget!

Bedanya Gedung angka sama huruf itu adalah.. jeng jeng jeng
Gedung angka bayar listrik kamar masing- masing sedangkan gedung huruf gak bayar listrik. Kalo aku dulu dapetnya gedung angka, dan emang untuk gedung 11-12 itu masih tergolong baru. Dan alhamdulillah aku dapet semua fasilitasnya lengkap serta dalam kondisi baik.

Kalo di gedung 1-12 itu fasilitas sekitarnya apa aja nih?
Jadi disekitarnya itu ada kantin cowok di belakang, foto copy-an, 2 minimarket (aku lupa apa namanya) terus ada dormhall buat kumpul kalo ada event ataupun mau nugas bareng temen, terus juga ada office buat beli wifi dan sewa motor gitu, parkiran sepeda dan parkiran motor sama pos satpam juga ada.
Kalo gedung A-D fasilitas sekitarnya apa aja? Sedangkan untuk gedung huruf di sekitarannya itu ada kantin cewe dan kantin ruang riung (didepan dan belakang), tel-u coffee, foto copy-an, minimarket,atm, laundry an asrama, dormhall, terus juga lebih dekat dengan Gedung Kuliah Umum (GKU), ada parkiran sepeda dan motor juga sama pos satpam.

Oh iya terakhir nih, dalam tiap gedung tersedia lobby asrama dan disetiap lantai juga ada kursi maupun sofa buat kita diskusi kalo mau nugas, atau kita kedatangan sodara gitu. Di lantai 1 ada mushola juga. Nah yang gak kalah penting, ada akang sama teteh nya kok yang mantau kita, jadi ada akang teteh HD (help desk) yang bakal stand by dari jam 6 pagi- 10 malem, untuk kebersihan gedung kamu gak perlu khawatir, karena bakal di sapu pel setiap harinya (Area gedungnya yah gaes, bukan kamar kita hehehe). Terus juga ada kaka asrama juga yang bakal bantuin kita, namanya kaka SR (Senior Residents) yang nginep juga di asrama, jadi kalo kamu sakit,ataupun ada kendala bakal dibantuin. Dan pastinya pak satpam juga setia 24 jam menjaga keamanan kita. MANTEP GAK TUH!

Aku rasa bahasan kali ini cukup panjang yahh, dan semoga bisa bermanfaat buat temen-temen semua. Kalo ada pertanyaan, bisa tinggalin jejak di kolom komentar yah, atau dm aku melalui instagram juga boleh banget. Jangan lupa buat sampein kritik dan saran kalian yah!

Sampai Jumpa Lagi!

Tinggalkan komentar

Rancang situs seperti ini dengan WordPress.com
Ayo mulai