Perjalanan Menuju Kampus Impian

  • Part 1 –

20/30/2020

Pulang ke rumah kini membuat kilas balik dalam perjalanan yang terhitung sudah 8 bulan lamanya. Tempat yang gue duduki sekarang pun mengingatkan tentang beragam cerita dunia Madrasah. Lucu rasanya jika kembali di reka ulang, beranekaragam hal yang gue lakukan disini, ratusan waktu yang gue habiskan untuk fokus akan satu impian. Entahlah, mungkin semua anak kelas 12 jelas memikirkan hal itu, ketakutan dan juga rasa penasaran dan lainnya, soal perjalanan dunia perkuliahan kedepannya.

Apa yang dirasakan sama anak-anak kelas 12 saat ini, pastinya juga sangat gue rasakan saat itu dan pada masa itu. Segala bentuk persiapan untuk menuju tingkatan yang lebih tinggi jelas butuh persiapan yang matang. Opsi dan rencana a b c d sudah mulai dipikirkan dengan tepat, akan kemana rute perjalanan selanjutnya.

Segala bentuk kepanikan yang gue alami, mulai dari list apa aja yang mesti gue persiapkan, materi apa aja yang perlu gue kuasai, jurusan apa yang yang sebenernya cocok buat gue, kampus mana yang jadi tujuan gue, dan jangan lupa dengan diskusi panjang hampir setiap harinya untuk membahas soal ini.

Mari kita mulai…

By the way, di sekolah gue ambil jurusan IPA dan berpindah haluan dengan memilih fokus kuliah ke dunia per- IPS an hehehe. Banyak kok yang kayak gue, pas akhir malah pilih fokus yang jauh berbeda kaya gini. Sebenernya mah harus dipikirin matang soal jurusan pas dari awal masuk ( lain waktu kita bahas ini deh).

Lanjut yaaaa, sedari awal gue emang tipe anak yang suka jualan ( dari gue sd udah banyak tuh beragam jenis barang yang gue jual) maka dari itu kalo ditanya cita-cita , gue bakal selalu jawab jadi pengusaha , kira-kira ala inggrisnya “Business Woman” wkwkwk. Sampe titik dimana gue harus nentuin jurusan yang harus gue ambil, dan memang iya gue tetep pilih “Bisnis” gak mau yang lain (kan gak ada IPAnya sama sekali hahaha). Gue fokus pada satu jurusan aja, tapi punya beberapa opsi universitas yang memiliki jurusan ini.

Pasti udah banyak yang tau, kalo buat jurusan bisnis yang terkenal di Indonesia versi negeri nya “SBM-ITB” nah itu, ITB jadi salah satu pilihan gue buat melanjutkan kuliah. Secara ITB gitu kan yang terkenal dimana-mana, buat masuk pun pesaingnya gak main-main ,ribuan cuy. Pas jamannya gue, peminat SBM-ITB di tahun sebelumnya sekitar 4000 orang dan keterima berapa coba hanya “90” hadehh, gimana gak bikin shock. Udah ni kan, gue udah tau gambaran nya kayak gimana soal pesaing yang ribuan itu, gue pun di awal juga udah diskusi panjang sama ayah soal universitas swasta nya, pilihannya jatuh kepada “Prasetiya Mulya”.

Nah ini nih, yang bikin gue sesak selama berbulan-bulan hahaha, karena gak mungkin buat gue hanya punya 1 tujuan universitas yang peminatnya bejibun luar biasa, gue mencoba lebih awal buat cari informasi soal universitas swasta juga. Dan dimulai dari Prasetiya Mulya. Gue gak ngerti lagi sama ini kampus, pas sampe sana bisa langsung bikin jatuh cinta. Karena dari awal udah tertarik banget sama ini kampus, gue pun ikut info sessionnya di Jakarta sekitar awal bulan Agustus 2018 dan disana gue dapet banyak informasi soal kampus dan cerita-cerita lainnya.

Gak lama dari situ, gue coba ikut jalur testnya yang gelombang 1 (diakhir bulan Agustus kalo gak salah) dan peminat Prasmul emang banyak banget, serame itu orang yang ikutan buat tesnya. Dan pada saat itu gue pilih opsi 1 “Business” dan opsi 2 “Branding”. Itu testnya di hari minggu, dari jam 8 pagi sampe jam 1 siang (kita emang dibikin cape banget wkwkwk, lelah dan pusing campur aduklah pokoknya).

Saat buat ikutan tes di Jakarta pun gue harus izin sekolah sekitar 2 hari an (intinya mah selama mulai dari Agustus , gue banyak skip kelas). Ya itu, buat ikutan test dan lain-lain. Biasanya tuh gue berangkat di hari Sabtu pagi/ siang , kalo pagi berarti gue izin gak masuk sekolah, tapi kalo siang gue bakal dijemput buat balik, dan begitu seterusnya. Karena ujian di hari minggu, gue pun balik di hari senin (skip lagi kan hahaha, dan mata pelajarannya mana pada penting lagi, Fisika dan Matematika, intinya mah ketinggalan dan sering ditanyain “Pergi Kemana ?”)

Setelah semua itu, gue beberapa kali menerima email dengan tulisan yang ber-awalan “Mohon Maaf Anda Belum Diterima”. Nyesek iya, karena gue ikut tes prasmul beberapa kali dan coba latihan soal dan belajar a b c d serta beraneka ragam latihan lainnya. Soal-soal yang gue terima pun terasa sangat baru dan asing, beda banget. Selama beberapa kali coba test, hasil yang gue terima selalu sama ” Belum Diterima “. Titik paling menakutkan dalam hidup gue adalah pada masa ini, takut akan banyak hal, takut gak bakal kuliah dan lainnya.

Dititik ini gue ngerasa campur aduk, semua jadi satu deh. Jelas timbul kecewa sama diri sendiri. Gue ikut tes beberapa kali kenapa gak keterima-keterima, marah pasti, nangis juga hehehe dan semua nya bertumpuk jadi satu. Beberapa usaha yang gue lakuin, mulai dari email , chat dan diskusi ke beberapa mahasiswi yang diterima disana, nanya soal gimana mereka ngadepinnya, baca artikel yang berkaitan dengan test itu , print bentuk latihan dan lainnya, seolah gak ketemu titik terang dan cerita akhir dari semua usaha yang gue lakuin. Cape iya , kecewa juga pasti, marah juga termasuk bentuk ekspresi yang gue keluarkan saat itu.

Ada beberapa momen yang sangat gue inget di akhir tahun 2018 hingga menjelang 2019. Gue ngerasa kecewa berat saat itu, karena mindset awal gue cuma fokus sama kampus ini, Gue sempet tuh ngeluarin kata-kata yang menjatuhkan diri gue sendiri, kayak ” Put, lo tuh kok gak keterima-keterima”, “Lo bego banget sih”, “Lo ngecewain orang tua” dan kalimat lainnya yang bukan bikin better, malah makin tertekan hahaha. Jangan ditiru ini mah, karena emang gak bagus banget.

Cuma di posisi itu gue gak tau harus ngapain, nangis pun sampe nyesek banget hahaha (sakit banget , susah sih mendeskripsikannya). Sampe ada satu kejadian dimana gue bener-bener cape pulang sekolah, dan nerima kabar kalo lagi-lagi tulisan ini muncul “Gak Keterima” , itu bikin gue stess parah. Gue mikir kenapa gini banget hidup, ketika gue mencoba buat mulai lebih awal dibanding orang lain, ngambil start duluan dibanding temen-temen gue yang lain, tapi hasilnya gak sesuai dengan apa yang gue harapkan saat itu.

Di momen itu juga, gue ngerasa cape dalam segala hal. (Cape badan, cape otak juga , cape mental, karena gue bingung mau ngapain dan gimana ngadepinnya). Dengan beragam cerita pahit yang gue alami membuat gue menjadi belajar untuk lebih bersyukur atas semuanya. Di setiap perjalanan hidup, Allah jelas kasih kita pembelajaran, apa pun itu. Gue sangat bersyukur karena pada masa-masa itu, ada kedua orang tua yang selalu ngertiin gue dalam kondisi apapun. Terus kasih support dalam bentuk nasihat dan tindakan yang gak pernah ada habisnya, juga selalu ngasih arahan soal gimana gue harus ngadepin semuanya. Dan selalu ingetin gue, kalo Allah selalu punya rencana yang jauh lebih baik dari apa yang diekspetasikan sama hambanya, intinya mah serahin semuanya ke Allah. Minta ke Allah dan jangan lupa untuk terus ikhtiar. Allah emang Maha Baik, karena titipkan gue ke orang tua yang luar biasa.

Hal berbeda lainnya yang gue rasain di masa kelas 12 adalah kedekatan pertemanan. Karena di Kelas 10 dan 11 soal ini gak terlalu gue rasain banget, tapi di kelas 12 gue punya beberapa teman dekat yang saling support satu sama lain. Yang ngingetin buat serahin semuanya ke Allah, dan kita juga saling bertukar informasi soal dunia perkuliahan (karena pada dasarnya, bahasan anak kelas 12 itu itu aja, gak bosen-bosen wkwkwkwk tiap hari bahasnya kuliah lagi kuliah lagi).

Sampe di penghujung tahun, gue mencoba ikut test jalur prestasi di Universitas swasta “Telkom University” dengan memilih 5 opsi jurusan. Karena kondisi yang bikin gue panik takut gak kuliah, gue ambil tuh 5 opsi yang kurang lebih sama (berkaitan satu sama lain) dan gue tunggu lagi pengumumannya di akhir tahun. Hasilnya yang gue terima pun lagi dan lagi sama “Tulisan Merah” HAHAHAHA. Disitu buat gue makin bingung, karena plan gue gak ada yang sesuai sama sekali. Akhir tahun 2019 emang penuh cerita di hidup gue sendiri. Bayangan-bayang gimana langkah gue kedepannya seolah masih abu-abu.

(Ini udah kepanjangan deh, Kita lanjut di Part 2 yah) Enjoy !

Terima kasih Udah Mampir

Salam Hangat,

-Put

Tinggalkan komentar

Rancang situs seperti ini dengan WordPress.com
Ayo mulai